5 Tempat Wisata Keluarga yang Ideal untuk Liburan Bersama Anak-Anak

6

Anda ingin membuat momen liburan paling berkesan di akhir pekan?

Kota Padang bisa menjadi destinasi terbaik untuk liburan Anda dan keluarga. Kawasan ini tidak hanya memiliki panorama indah, tetapi juga tempat wisata yang nyaman sekaligus ramah anak. 

Jika Anda berencana traveling ke Padang di pekan ini, berikut rekomendasi tempat wisata keluarga (ramah anak) yang bisa dikunjungi.

1. Museum Adityawarman

mencari tiket pesawat online

Museum Adityawarman (Sumber: en.wikipedia.org)

Museum Adityawarman berdiri pada tahun 1974. Sejak awal dibangun, museum ini menjadi pusat pelestarian benda bersejarah cagar budaya Minangkabau, Mentawai, dan Nusantara secara umum.

Total luas bangunannya mencapai 2.855 meter persegi dengan arsitektur rumah gadang.

Museum Adityawarman memiliki lebih dari 6.000 koleksi benda budaya. Koleksi tersebut terdiri dari 10 kategori, antara lain Geologika/Geografika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, dan Numismatika.

Selain itu, terdapat koleksi perhiasan tradisional, busana, imusik, replika kuliner dalam upacara adat.

2Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat berlokasi di perempatan Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan Ahmad Dahlan, Kota Padang.

Luas masjid ini sekitar 40.343 meter persegi yang terdiri dari tiga lantai. Dengan luasan tersebut, masjid mampu menampung kurang lebih 20 ribu jemaah.

Daya tarik utama Masjid Raya Sumatera Barat adalah arsitekturnya. Jika diperhatikan, arsitektur masjid membentuk tiga simbol, yaitu rumah gadang, sumber mata air, dan bulan sabit.

Bagian atapnya memiliki empat sudut lancip. Sementara di dinding luar masjid terdapat lukisan kaligrafi dan ukiran ala Minangkabau.

3. Kota Tua Padang

Anda ingin mengajak keluarga mengenang masa lalu di Kota Padang? Kunjungi Kota Tua Padang yang terletak di dekat Jembatan Siti Nurbaya.

Kawasan Kota Tua Padang didominasi bangunan lawas. Meski cat dinding bangunan mulai mengelupas, arsitekturnya masih tampak kokoh.

Beberapa arsitektur yang terlihat di kawasan tersebut, antara lain klasik, neo klasik, art deco geometric, dan modern.

Salah satu titik paling menarik di Kota Tua Padang adalah Pelabuhan Muaro. Beberapa gedung kuno peninggalan Belanda tetap berdiri tegak di sana.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan perkampungan yang dihuni oleh berbagai etnik. Mulai dari Tionghoa, Nias, Melayu, India, hingga Jawa. 

Keragaman itulah yang membuat acara tahunan di Kota Tua semakin meriah. Sebagai contoh, warga keturunan India kerap mengadakan serak gulo untuk menghormati tokoh muslim India.

Tidak hanya itu, saat perayaan Imlek, Kota Tua menjadi sentra kegiatan bagi masyarakat Tionghoa.

4. Miniatur Makkah

Miniatur Makkah dibangun pada tahun 2000 dan dibuka untuk umum sejak tahun 2001. Sebenarnya, Miniatur Makkah tersebut digunakan sebagai sarana kegiatan latihan manasik haji.

Namun, keindahan dan keunikan bangunan replika tanah suci ini menarik perhatian wisatawan.

5. Pantai Air Manis

mencari tiket pesawat online

Pantai Air Manis (Sumber: econflotravelstories.blogspot.com)

Anda pernah mendengar kisah Malin Kundang? Saat liburan di Padang, Anda bisa mengunjungi Pantai Air Manis—yang konon menjadi lokasi peristiwa Malin Kundang.

Di pantai ini, terdapat batu menyerupai orang sedang bersujud. Masyarakat—secara turun-temurun—memercayai batu itulah wujud Malin Kundang usai dikutuk ibunya.

Terlepas dari legenda Malin Kundang, Pantai Air Manis memiliki panorama indah di sisi utara. Ombak pantai tidak terlalu besar dengan pasir kecokelatan.

Dari sini, Anda juga bisa melihat Gunung Padang yang misterius dan pulau kecil di seberang lautan.

Itulah beberapa tempat wisata keluarga terbaik di Padang. Jika Anda ingin perjalanan lancar dan menyenangkan, pastikan sudah memesan tiket pesawat ke Padang sejak dini.

Anda bisa menggunakan aplikasi atau web Airy untuk mencari tiket pesawat online.

Situs Airy menjamin setiap transaksi aman dan bebas penipuan.

Selain itu, Anda boleh melakukan refund dan reschedule ketika mengalami kendala dalam perjalanan.

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.